MPLS SD 01 Bontang Utara

SDN 01 Bontang Utara, Kalimantan Timur, adalah sekolah yang ramah dan penuh dengan keseruan belajar dengan nuansa menyenangkan. Lingkungan sekolah yang nyaman dan keramahan para guru langsung menyambut siswa baru di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2023, Senin (17/7/2023).

Banyak warna yang terekam di hari pertama MPLS SDN 01 Bontang Utara, utamanya bagi peserta didik baru. Ada yang gugup dan menangis. Ada juga yang terlihat bersemangat dan tersenyum lepas. Nuansanya berbalut keceriaan, kehangatan, dan kegembiraan.

MPLS SD 01 Bontang Utara

“Masa pengenalan sekolah diisi dengan antusiasme yang tinggi dari anak-anak, orang tua, guru, dan staf sekolah. Semua pihak bersemangat dalam menyambut peserta didik baru untuk memulai petualangan baru di sekolah,” terang Yani Astutik, Kepala SDN 001 Bontang Utara, Senin (17/7/2023).

Meski ada peserta didik yang gugup, iklim belajar di sekolah pesisir pantai ini terasa sangat menyenangkan dan penuh kasih sayang. Semua tergambar jelas saat guru menyambut tiap peserta didik di gerbang sekolah dengan senyum yang memancar. Para guru terlihat kompak menyambut peserta didik dalam petualangan baru di lingkungan sekolah yang penuh keceriaan. “Ada banyak keceriaan di hari pertama MPLS 2023 di sekolah kami. Peserta didik baru langsung kami ajak menemukan dunia yang menyenangkan, teman-teman baru, dan pengetahuan yang tak terbatas,” ucap Yani Astutik, Kepala SDN 001 Bontang Utara, Senin (17/7/2023).

MPLS SD 01 Bontang Utara

Menurut wanita berkerudung itu, setiap hari adalah hari yang istimewa. Ruang kelas yang penuh warna-warni menanti kehadiran peserta didik baru. Meja-meja yang tersusun rapi seakan mengundang peserta didik baru untuk menimba ilmu dengan cara yang menyenangkan. Ada ruang untuk menulis, menggambar, dan mengeksplorasi. Ada juga ruang untuk berbagi kisah dan pengalaman selama libur sekolah. “Guru-guru kami yang penuh kasih dan penuh semangat siap membantu dan mendukung perjalanan tiap peserta didik untuk belajar dan tumbuh,” tambahnya.

Lingkungan sekolah yang dekat dengan hutan mangrove ini memang penuh nuansa kegembiraan. Lapangan yang luas langsung menjadi tempat bermain, melompat, dan tertawa bersama teman-teman sebaya. Ada senyum yang terlihat, utamanya saat peserta didik baru diajak menyanyikan lagu “Hari Pertama Sekolah.”

MPLS SD 01 Bontang Utara

Nuansa keceriaan juga terlihat saat para peserta didik baru diajak mengeksplorasi ruang kelas, taman bermain, perpustakaan, dan fasilitas lainnya. Ada banyak keingintahuan yang terekam. Keingintahuan ini yang menciptakan suasana yang penuh semangat dalam menjelajahi lingkungan baru.
Interaksi pun terbangun. Kegugupan peserta didik baru yang awalnya terlihat, pelan-pelan terkikis. Siswa kelas I saling berkenalan. Mereka mulai membentuk pertemanan baru. Banyak yang berbagi cerita, minat, dan pengalaman. Suasananya sangat cair dan penuh kehangatan

“Guru dan staf sekolah jadi motor penggerak dalam menciptakan suasana yang hangat dan nyaman bagi peserta didik baru. Mereka inilah yang memberikan dukungan, bimbingan, dan perhatian kepada setiap anak, membantu mereka merasa diterima dan dihargai,” tambahnya.

MPLS SD 01 Bontang Utara

Ada sentuhan kehangatan keluarga yang tercipta. Apalagi, ada orang tua yang mendampingi. Keberadaan mereka ikut membantu memberikan rasa nyaman dan dukungan emosional bagi anak-anak. “Para orang tua ini seolah memberi tahu peserta didik kelas satu bahwa mereka tidak sendiri dalam perjalanan baru ini,” terang Yani.

Pesan Yani sangat kuat.Dia ingin seluruh peserta didik, baik yang sudah lama bergabung atau yang baru saja tiba, menjadi sahabat sejati dalam perjalanan di sekolah yang dipimpinnya. “Bersama, kita berbagi tawa, cerita, dan kisah-kisah tak terlupakan. Kami akan mendukung, menginspirasi, dan saling membantu dalam mengatasi tantangan dan meraih keberhasilan,” ucapnya.

Senin itu, mimpi Yani pun menjadi nyata. Saat jam pulang sekolah, tak ada lagi peserta didik baru yang menangis. Gugup tangis berubah jadi tawa.” Di sekolah kami, keceriaan dan belajar berjalan beriringan. Kami ajak semua peserta didik menjelajahi dunia yang penuh warna, dan bangun masa depan yang gemilang,” ujar Yani. (*)