S4D Indonesia Webinar Series Promoting Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga

Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Indonesia bermitra dengan Kerjasama Jerman melalui GIZ, telah sukses menyelenggarakan rangkaian webinar untuk memperkenalkan modul pembelajaran elektronik dan pelatihan daring “Mempromosikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga”. Rangkaian tiga webinar yang diadakan antara Oktober hingga November 2021 ini diikuti oleh guru-guru dari berbagai penjuru Indonesia, seperti dari Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

 

Profil Pelajar Pancasila merupakan prakarsa pendidikan nasional untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang ideal berdasarkan enam karakter positif. Modul dan pelatihan yang terdiri dari 8-sesi ini berisi materi pendidikan olahraga yang terintegrasi dengan konten penguatan karakter untuk membantu para guru dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan hidup siswa sesuai nilai-nilai Pancasila.

Webinar pertama dalam rangkaian kegiatan ini diselenggarakan pada 29 Oktober 2021 dan sekaligus menandai peluncuran modul pembelajaran elektronik. Dalam webinar ini Barliana Amin, Manajer Portofolio GIZ Indonesia dan Timor-Leste atas nama GIZ juga secara resmi menyerahkan modul kepada Direktorat Sekolah Dasar. Modul ini tersedia di website Direktorat Sekolah Dasar dan dapat diakses melalui tautan: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/lms/. Webinar pertama ini mengusung format gelar wicara dan menghadirkan para penulis modul yaitu Dr.Sri Winarni, M.Pd (Akademisi dari Universitas Negeri Yogyakarta), Muchamad Arif Al-Ardha M.Ed, Ph.D (c) (Akademisi dari Universitas Negeri Surabaya) dan Renata M. Putri MA (Konsultan S4D) sebagai narasumber. Para penulis modul mendiskusikan ulasan mereka terhadap modul serta menjawab berbagai pertanyaan dari para peserta webinar dan moderator Dr. Olifia Rombot M.Pd (Akademisi dari Fakultas Pendidikan Sekolah Dasar Binus University) yang juga terlibat sebagai perancang modul. Rekaman webinar pertama tersedia di kanal YouTube TV Ditpsd dan bisa disaksikan melalui https://bit.ly/WebinarLaunching_29Okt2021.

S4D Indonesia Webinar Series Promoting Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga

Webinar kedua yang mengangkat tema “Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Modul Pembelajaran Elektronik dan Pelatihan Daring Mempromosikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga” dilaksanakan pada 19 November 2021 dan dimoderatori oleh Kori Rahadian, S.Pd dari Direktorat Sekolah Dasar. Webinar ini menghadirkan dua praktisi – Ali Zaenal S.Pd (Guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SDN Inpres 2 Rata, NTT) dan Winda Prasepty M.Pd (Guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang, Jawa Tengah) – untuk berbagi pengalaman dalam mengakses pelatihan daring serta menggunakan materi dari modul untuk kegiatan pembelajaran mereka. Dengan cara ini, para peserta webinar yang sebagian besar adalah guru bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang penggunaan modul dalam kegiatan belajar-mengajar mereka. Turut hadir sebagai narasumber adalah Odo Hadinata, M.Pd (perwakilan dari Direktorat Sekolah Dasar) dan Renata M. Putri MA (Konsultan S4D, penulis modul) yang menyoroti kepraktisan modul guna mengembangkan kualifikasi guru melalui pelatihan berbasis web yang dapat diakses dan diikuti kapan saja, di mana saja dan pada waktu yang mereka tentukan sendiri. Webinar kedua ini bisa disaksikan melalui https://bit.ly/Webinar_19Nov2021.

S4D Indonesia Webinar Series Promoting Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga

S4D Indonesia Webinar Series Promoting Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga

Webinar ketiga yang berfokus pada “Praktik Baik Penggunaan Modul Pembelajaran Elektronik dan Pelatihan Daring Mempromosikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga” dilaksanakan pada tanggal 26 November 2021 dan dimoderatori oleh Ariaty Dano, M.Pd dari Direktorat Sekolah Dasar. Hadir sebagai narasumber adalah Muchamad Arif Al-Ardha M.Ed, Ph.D (c), (Akademisi dari Universitas Negeri Surabaya, penulis modul), Muhamad Arif Hadiwinata, M.Sc (konsultan S4D), dan Ali Zaenal, S.Pd, (Guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SDN Inpres 2 Rata-NTT). Dalam bincang interaktif para pembicara membahas penggunaan pendekatan S4D untuk pengembangan karakter siswa melalui perencanaan sesi pembelajaran yang berorientasi kompetensi, refleksi bersama di dalam kelas serta peran guru dalam S4D. Mereka juga menyoroti petunjuk praktis penggunaan modul pembelajaran elektronik termasuk dalam memanfaatkan alat yang tersedia di dalam modul, berpartisipasi dalam diskusi modul, menggabungkan materi pembelajaran dari modul dengan rencana dan praktik belajar mengajar, serta merefleksikan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Webinar ketiga ini sekaligus menandai kegiatan terakhir dari rangkaian webinar terkait. Kegiatan ini bisa disaksikan melalui https://bit.ly/Webinar_26Nov2021.

S4D Indonesia Webinar Series Promoting Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga

S4D Indonesia Webinar Series Promoting Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga

Mengapresiasi kerja sama dengan GIZ, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd, Direktur Direktorat Sekolah Dasar berulang kali menyoroti pentingnya mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan melalui pendidikan karakter. Beliau juga kerapkali menggarisbawahi peran olahraga sebagai salah satu alat untuk membangun karakter siswa berdasarkan Profil Pelajar Pancasila. Pada sambutan pembukaan webinar kedua beliau menyampaikan, “Apresiasi kami kepada GIZ yang telah memberikan kontribusi untuk percepatan dan perwujudan Profil Pelajar Pancasila kepada peserta didik dan satuan pendidikan baik kepada guru maupun lingkungan sekitar. GIZ telah mengembangkan berbagai sistem pendampingan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui media pembelajaran olahraga yang juga dapat menguatkan dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila serta meningkatkan pembentukan karakter baik pada anak-anak kita; termasuk melalui pengembangan modul pembelajaran elektronik ini”.

S4D Indonesia Webinar Series Promoting Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga

Rangkaian tiga webinar, modul pembelajaran elektronik dan pelatihan daring “Mempromosikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga” ini merupakan kontribusi dari program Sport for Development (S4D) atau Olahraga untuk Pembangunan yang diprakarsai oleh GIZ sebagai bagian dari kemitraan strategis dengan Kemdikbudristek di Indonesia. Program yang dilaksanakan selama tahun 2018 hingga 2021 ini bertujuan untuk mengembangkan olahraga sebagai alat dan metode untuk meningkatkan kualitas pendidikan nilai karakter, promosi kecakapan hidup dan pendidikan kesehatan bagi anak dan remaja dalam struktur pendidikan dan olahraga Indonesia.