Kegiatan Gema Pertiwi yang diselenggarakan oleh Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ratusan karya telah dikirimkan oleh para orang tua, guru dan siswa Sekolah Dasar dari seluruh Indoensia untuk diikutsertakan dalam kegiatan tersebut.

”Karya yang dikirimkan kepada kami bagus-bagus semua. Ini menggambarkan tingginya kreativitas guru, siswa dan orang tua di lingkungan Sekolah Dasar,” kata Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd, Minggu, 8 November 2020.

Seperti diketahui, Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud melaksanakan kegiatan Gema Pertiwi mulai tanggal 19 Oktober hingga 10 November 2020. Kegiatan Gema Pertiwi merupakan rangkaian kegiatan yang diawali dengan pengiriman karya-karya siswa, guru dan orang tua dimulai tanggal 19 Oktober 2020, dan finalnya adalah pengumuman karya terbaik sekalgius memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2020.

”Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, kami umumkan karya-karya terbaik sebagai bentuk apresiasi Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud kepada masyarakat,” jelas Sri Wahyuningsih.

Dalam Gema Pertiwi, Direktorat Sekolah Dasar memberikan kesempatan kepada siswa, guru dan orang tua mengirimkan video kreativitas dengan tema Cinta Tanah Air. Kegiatan ini dijadikan sarana kolaborasi peserta didik, guru maupun komite sekolah yang berasal dari SD negeri/swasta, dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) SD agar berkarya selama masa pandemi Covid-19.

Karya video dibagi menjadi dua kategori. Pertama, video pendek dengan sub tema ragam budaya dan permainan tradisional nusantara, proses internalisasi Pancasila dalam pembelajaran, karakter peserta didik yang berkebhinekaan global, bergotong royong, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, karya Science Technology Enginering Mathematics (STEM) inovasi dan kreatifitasku (Project Based Learning), dan olahraga kegemaranku dan cita citaku.

Kategori kedua adalah video klip cipta lagu dengan pilihan tema cinta Tanah Air, lingkunganku bebas sampah, serta sehat badan dan cerdas pikirku. Video yang dinilai adalah video yang diunggah dalam youtube mulai tanggal 19 sampai 31 Oktober 2020.

Dari ratusan karya yang sudah diterima Direktorat Sekolah Dasar, telah dilakukan kurasi dan sudah didapatkan pula karya-karya terbaik. ”Kami akan mengumumkan karya-karya terbaik sesuai kategori dan sub tema tersebut,” ujar Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud.

Beliau menjelaskan, pengumuman karya-karya terbaik Gema Pertiwi bisa disaksikan di channel Youtube Direktorat Sekolah Dasar dan juga channel Youtube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika tidak ada halangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim akan hadir secara virtual. Pembawa acara kegiatan daring ini adalah Choki Sihotang. (Hendri)