Adanya pandemi Covid-19 memberikan banyak peluang di berbagai bidang tidak hanya pada industri ekonomi dan bisnis namun juga pada industri pendidikan. Dalam kondisi yang serba dibatasi karena adanya pencegahan penyebaran Covid-19, dengan terpaksa masyarakat pun harus berpikir kreatif agar tetap bisa menjalankan kehidupannya. Begitu juga yang dilakukan oleh para pelaku industri pendidikan.

Untuk menjawab tantangan pendidikan yang semakin parah akibat adanya wabah pandemi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Merdeka Belajar dimana salah satu rangkaian dari program tersebut adalah dihadirkannya Platform Merdeka Mengajar sebuah media bagi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Melaksanakan pembelajaran jarak jauh selama Covid-19 banyak memberikan tantangan. Muhammad Fajri Guru SDN Pondok Petir 01 mengatakan banyak tantangan yang dihadapi selama proses belajar mengajar, seperti ketersediaan sarana prasarana fisik maupun kesiapan murid. Seiring berjalannya waktu karena didorong oleh keadaan tersebut para guru berlomba lomba berselancar di dunia maya mencari bahan ajar dan inspirasi agar bisa menyajikan menu pembelajaran yang inovatif dan up to date. Hingga pada akhirnya banyak guru dan juga murid mulai terbiasa dengan berbagai platform asing agar tetap bisa melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa pembatasan karena Covid-19 waktu itu.

Dari sekian platform untuk membantu mengoptimalisasi pembelajaran jarak jauh, platform Merdeka mengajar hadir memberikan kemerdekaan bagi para guru. Melalui platform tersebut banyak disediakan berbagai amunisi bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran. Di dalam platform Merdeka Mengajar, guru juga dapat berekspresi sekaligus bereksplorasi terkait pengembangan pembelajaran saat ini.

Di dalam platform Merdeka Mengajar terdapat 4 menu yang masing-masing menu memiliki sub menu. Keempat menu tersebut, antara lain: (1) Tentang Kurikulum Merdeka; (2) Kegiatan Belajar Mengajar; (3) Pengembangan Diri; (4) Mencari dan Berbagi Inspirasi. Adaptasi dari sumber informasi yang disediakan oleh platform tersebut memudahkan para guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dalam merancang, mengembangkan, dan mengeksplorasi pembelajaran. Semua kebutuhan terkait pembelajaran hampir tersedia di platform Merdeka Mengajar. Di samping itu, validitas dari informasi yang ada juga terjamin karena semua konten yang ada sudah melalui proses akurasi oleh para ahli sesuai bidangnya masing-masing.

Yang paling menarik di dalam platform Merdeka Mengajar yaitu adanya menu untuk berbagi untuk para penggunanya. Selain dapat mencari sumber dan inspirasi untuk pembelajaran guru juga bisa sekaligus berbagi terkait potensi yang dimiliki sesuai konten dan konteks pembelajaran yang relevan untuk para guru lainnya. Guru diberikan kebebasan berekspresi dalam mendukung Merdeka Belajar. Untuk memulai mengunggah hasil karya, guru dapat masuk ke sub menu bukti karya kemudian tinggal klik “tambah karya ke karya saya”.

Proses akurasi dan kesesuaian konten di dalam platform Merdeka Mengajar dilakukan secara objektif layaknya blind review dalam referensi teks. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas, kredibilitas, dan akuntabilitas konten yang ada pada platform Merdeka Mengajar.

Adanya platform Merdeka Mengajar akan memberikan semangat baru untuk para guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu. Banyak guru bahkan yang ada di daerah pedalaman (3T) mampu memberikan inspirasi pembelajaran yang sangat bermanfaat. Melalui platform Merdeka Mengajar guru lebih terbuka secara pemikiran sekaligus membuka dan menambah wawasannya.

Dampak terbesar bagi guru dengan adanya platform Merdeka Mengajar tentu sangat relevan dengan hakikat diri selaku pribadi yang perlu mengembangkan diri. Potensi dan sumber daya yang dimiliki bukan lagi menjadi bakat terpendam tetapi harus selalu digali dan diasah agar dapat mengikuti dinamisasi perkembangan zaman.

Oleh karenanya, seorang guru tidak bisa tinggal diam dengan perkembangan dan perubahan zaman karena seorang guru adalah kunci dalam membangun peradaban. Konsep long life education mutlak dimiliki seorang guru. Jika seorang guru berhenti belajar maka mustahil dirinya mampu memberikan menu pembelajaran yang fresh dan up to date. Platform Merdeka Mengajar menjadi solusi dan langkah pasti pengembangan proses pendidikan yang lebih berarti.


oleh

Muhammad Fajri

SDN Pondok Petir 01