Peran Penting Manajemen Berbasis Sekolah Tingkatkan Mutu Pendidikan

Tata kelola pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu sekolah. Agar tata kelola pendidikan berjalan dengan baik diperlukan adanya komitmen yang kuat baik dari pihak-pihak di dalam lembaga pendidikan maupun pihak-pihak di luar lembaga pendidikan, seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat.

”Selain itu juga dibutuhkan koordinasi yang baik, integritas, profesionalisme, serta etos kerja dan moral tinggi,” kata Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd dalam kegiatan Pendampingan Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 22-25 November 2021. Pendampingan MBS Regional I ini diikuti oleh 222 peserta dari 37 perwakilan dinas pendidikan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Peran Penting Manajemen Berbasis Sekolah Tingkatkan Mutu Pendidikan

Selanjutnya, kata Sri Wahyuningsih, perlu juga dilakukan pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas, dan nyata yang berakar pada penyelenggaraan pendidikan yang efektif, efisien, bersih, dan bertanggung jawab.

“Kemendikbudristek tidak bisa mencapai sasaran strategis ini secara sendiri. Maka diperlukan peran kuat dari Tri Pusat Pendidikan untuk saling bersinergi mewujudkan pendidikan yang berkualitas yaitu pihak sekolah, keluarga dan masyarakat,” katanya.

Peran Penting Manajemen Berbasis Sekolah Tingkatkan Mutu Pendidikan

 

Direktur Sekolah Dasar menyampaikan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah merupakan strategi implementasi Merdeka Belajar yang tepat. Karena sekolah diberikan otonomi dalam peningkatan mutu sekolah. Itu artinya, melalui strategi tersebut dapat membantu mempercepat mewujudkan peningkatan tata kelola pendidikan.

“Dengan mengoptimalkan Manajemen Berbasis Sekolah diharapkan menjadi upaya strategis dalam meningkatkan tata kelola sekolah,” ujarnya. Dalam memperkuat manajemen berbasis sekolah, Sri Wahyuningsih menekankan dibutuhkan kolaborasi antar semua warga sekolah termasuk dengan orang tua. Pihak sekolah juga harus memperkuat kemitraan, meningkatkan inovasi dan kreativitas.

Kurniawan, S.T., M.BA., Ketua Panitia Pendampingan Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) menjelaskan, materi yang disampaikan dalam kegiatan ini diantaranya adalah kebijakan Merdeka Belajar, optimalisasi tata kelola sekolah melalui MBS, strategi kemitraan sekolah dasar, program BOS dan update Dapodik, digitalisasi sekolah, praktik baik budaya sekolah yang inklusif dan kondusif dalam pembangunan karakter, dan fasilitasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Peran Penting Manajemen Berbasis Sekolah Tingkatkan Mutu Pendidikan

 

Diharapkan melalui kegiatan ini para peserta dapat memahami program Manajemen Berbasis Sekolah. Dan dapat mengimplementasikannya di masing-masing daerah sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerahnya.

“Kami mengharapkan adanya upaya peningkatan tata kelola sekolah dan terimplementasinya konsep MBS yang terdapat dalam buku saku MBS di sekolah dasar di masing-masing daerah,” katanya. (Hendriyanto)