Anak Sekolah Kesegaran Jasmani

Salah satu tugas guru dan orang tua adalah mengajarkan serta memantau pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak. PHBS ini perlu dibiasakan tidak hanya di sekolah, tapi juga di rumah dan di tempat umum.

Perilaku hidup bersih dan sehat dapat mengurangi risiko anak terkena penyakit. Berikut adalah lima perilaku hidup bersih dan sehat yang perlu dipraktekkan anak sehari-hari.

1. Cuci Tangan dengan Sabun

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan untuk menyentuh barang. Kita tidak pernah tahu bakteri atau kuman apa yang menempel pada permukaan barang yang kita sentuh. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun setelah memegang permukaan benda.

2. Membuang Sampah pada Tempat Sampah

Pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak juga tidak hanya terbatas pada kebersihan diri sendiri melainkan juga terkait kebersihan lingkungan. Mengajarkan anak untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu pembiasaan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

3. Gosok Gigi Teratur

Menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride merupakan salah satu cara mencegah gigi berlubang. Oleh karena itu membiasakan anak untuk menggosok gigi dua kali sehari akan memberi dampak positif berupa gigi lebih sehat dan nafas lebih segar.

Ajarkan anak menggosok giginya selama dua menit dengan gerakan maju-mundur pada bagian atas dan bawah dalam dan luar gini serta gerakan  memutar di bagian luar gigi.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi merupakan langkah awal untuk menjaga agar tubuh selalu dalam kondisi sehat. Tanamkan pada anak bahwa makanan sangat membantu memperkuat daya tahan tubuhnya. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi berperan dalam mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Kebutuhan gizi setiap orang berbeda sesuai dengan jenis kelamin, kelompok usia, aktivitas fisik dan kondisi fisiologisnya. Menjaga kesehatan juga berarti mengonsumsi makanan yang bersih dan memantau berat badan secara teratur.

5. Olah Raga

Melakukan aktivitas fisik dengan ceria dapat meningkatkan kebugaran  dan daya tahan anak serta membantu mengendalikan berat badan. Aktivitas tidak harus selalu olahraga. Aktivitas bermain anak pun juga dapat bermanfaat bagi fisik yang tak jarang juga meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, penting memberikan ruang pada anak untuk beraktivitas fisik.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) perlu dipraktikkan tidak hanya di lingkungan sekolah, namun juga di lingkungan umum dan rumah. Pemberlakuan pola hidup bersih dan sehat ini juga menjadi bagian penting dari usaha mewujudkan gerakan sekolah sehat.

 

Sumber: Buku Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Yang diterbitkan oleh Direktorat Sekolah Dasar