Lima dari enam peserta didik Sekolah Dasar yang mewakili Indonesia berhasil meraih medali pada kejuaraan Internasional 4th Edition of International Karate Open of Province de Liege Tahun 2019 yang diselenggarakan di Herstal, Belgia pada November 2019. Keberhasilan ini bukti nyata bahwa Indonesia mampu bersaing di kancah global.

Medali yang berhasil diboyong pulang ini diantaranya 3 medali emas yang diraih oleh Radhitya Rimba Adiyaksa Mahendra (SDN Ponokawan, Sidoarjo) untuk kategori Kata Male U-12, Callysta Almira Cahyati (SDN Rangkah, Surabaya) kategori Kata Female U-12 dan Muhammad Dhijey Lexsie (UPT SPF SDN 101770, Deli Serdang, Sumatera Utara) untuk kategori Kumite Male U-12 – Kategori 35 kg.

Selain itu Muhammad Dhijey Lexsie juga berhasil membawa satu medali perak untuk kategori Kata Male U-12. Dan 1 medali perunggu berhasil diraih Ni Kadek Renia Sophia Putri (SDN 3 Banjar Jawa, Buleleng, Bali) Kumite Female U12 – Kategori 35 kg.

Keenam siswa yang dikirim untuk ajang perlombaan karate ingkat internasional ini merupakan peraih medali pada O2SN Tahun 2019 dalam cabang olahraga karate Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah melalui Direktorat Sekolah Dasar.

Keikutsertaan peserta didik ke ajang internasional ini merupakan salah satu program Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pengiriman tim teresbut merupakan wujud dari pembinaan dan bentuk apresiasi Direktorat Sekolah Dasar terhadap peserta didik peraih prestasi khususnya di bidang olahraga.

Selain itu juga upaya untuk mengukur tingkat keberhasilan pembinaan Negara Indonesia di antara negara lainnya di dunia. Kegiatan ini juga menjadi motivasi bagi peserta didik Indonesia lainnya bahwa prestasi dapat diraih oleh siapa saja yang berupaya dengan gigih.

Melalui kegiatan olimpiade ini juga menajdi upaya penanaman nilai-nilai karakter yaitu nasionalisme di tengah-tengah bangsa lain dari seluruh dunia. Serta menumbuhkan sikap-sikap positif lainnya seperti kemandirian dan sportivitas, sejalan dengan karakter yang tercantum dalam Pelajar Pancasila.