Menyongsong 2022 Dirjen PAUD Dikdasmen Mendorong Pegawai Lakukan Inovasi dan Kolaborasi

Membina hampir 150.000 sekolah dasar yang tersebar hingga ke berbagai peloksok Indonesia tentu bukan perkara mudah. Bekerja keras saja kadang tidak cukup. Pekerjaan ini sering kali menyita waktu tidur.

”Makanya Direktur Sekolah Dasar itu waktu tidurnya lebih sedikit dibanding direktur lain,” kata Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek, Jumeri, S.TP., M.Si ketika membuka kegiatan Rapat Koordinasi Internal Direktorat Sekolah Dasar di Bintaro, Kota Tangerang Selatan, Kamis, 23 Desember 2021.

Oleh karena itu, lanjut Jumeri, seluruh pegawai Direktorat Sekolah Dasar harus bekerja sama kerasnya dengan pimpinan mereka. Selain kerja keras, dibutuhkan juga kreativitas untuk bisa melakukan intervensi bagi peningkatan mutu sekolah dasar.

”Mengelola kebijakan sekolah dasar memang cukup kompleks jika dibandingkan dengan Direktorat SMP dan SMA yang jumlah sekolahnya lebih sedikit. Sehingga bahasa kami menyebutnya; tidurnya Direktur SMP dan SMA lebih nyenyak dibandingkan dengan tidurnya Direktur SD,” tutur Jumeri.

Menyongsong 2022 Dirjen PAUD Dikdasmen Mendorong Pegawai Lakukan Inovasi dan Kolaborasi

Rapat Koordinasi Internal yang dihadiri ratusan pegawai Direktorat Sekolah Dasar ini digelar selama tiga hari, 23-25 Desember 2021. Salah satu bahasan utamanya adalah evaluasi kinerja tahun 2021 dan menyusun strategi menghadapi tahun 2022.

Untuk menyongsong tahun 2022, Jumeri menambahkan, insan Direktorat Sekolah Dasar perlu membuat rancangan program-program yang lebih ‘menggigit’ untuk memajukan pendidikan sekolah dasar di Indonesia. Ia mengajak semua pegawai memahami visi dan misi Kemendikbudristek dan juga memahami setiap visi dan misi direktorat masing-masing.

”Seluruh pegawai harus memperbanyak melakukan inovasi. Karena salah satu kunci memajukan mutu pendidikan di Indonesia adalah dengan inovasi dan kolaborasi,” tegasnya. Dalam kesempatan itu, Jumeri menyampaikan apresiasi atas capaian kinerja Direktorat Sekolah Dasar tahun 2021 yang sudah memenuhi target.

Menyongsong 2022 Dirjen PAUD Dikdasmen Mendorong Pegawai Lakukan Inovasi dan Kolaborasi

Dirjen PAUD Dikdasmen mengapresiasi program-program yang sudah dilakukan oleh Direktorat Sekolah Dasar, mulai dari Merdeka Belajar, Kampus Mengajar, Sekolah Penggerak, hingga mampu menghidupkan wadah informasi dan edukasi melalui Galeri Informasi, Aktivitas dan Transformasi (GIAT) Sekolah Dasar.

“Berdasarkan data yang masuk ke saya, Direktorat Sekolah Dasar adalah yang paling banyak menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dari sisi intervensi daerah pun Direktorat SD yang paling banyak,” kata Jumeri.

Meski demikian, Jumeri mengingatkan, pencapaian-pencapaian tersebut harus terus ditingkatkan dan diperjuangkan dengan baik dan berkesinambungan. Ia memahami tugas Direktoart Sekolah Dasar cukup berat karena harus membina hampir 150.000 sekolah dasar di seluruh Indonesia.

Direktur Sekolah Dasar, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd melaporkan bahwa direktorat yang dipimpinnya telah menerapkan pola bekerja yang sedikit berbeda. Yaitu dengan membagi tugas 116 PNS ke dalam 18 kelompok kerja (Pokja) sesuai dengan amanat dari penganggaran yang telah disediakan oleh pemerintah.

Menyongsong 2022 Dirjen PAUD Dikdasmen Mendorong Pegawai Lakukan Inovasi dan Kolaborasi

Pokja bekerja didasarkan pada capaian-capaian, output serta fungsi masing-masing. Setiap Pokja bekerja mengacu pada peningkatan kualitas aspek pembinaan peserta didik, tata kelola, serta strategi peningkatan kualitas sekolah dasar untuk mempercepat terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

“Kami sudah berjuang semaksimal mungkin selama tahun 2021 untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan. Alhamdulillah kami juga laporkan bahwa Direktorat SD sudah memperoleh predikat sebagai satuan kerja dengan nilai A (penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan/SAKIP), di mana capaian ini merupakan apresiasi kepada seluruh pegawai Direktorat SD,” kata Sri Wahyuningsih.

Dalam kesempatan itu, Direktur Sekolah Dasar secara simbolis menyerahkan buku laporan tahun 2021 dari tiap-tiap Pokja kepada Dirjen PAUD Dikdasmen. Buku tersebut merangkum apa saja yang sudah dikerjakan selama satu tahun dan capaian-capaian kinerja setiap Pokja.

Menyongsong 2022 Dirjen PAUD Dikdasmen Mendorong Pegawai Lakukan Inovasi dan Kolaborasi

”Dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan, tiap-tiap Pokja memberikan rekomendasi untuk tindakan ke depan agar bisa lebih mendorong kualitas pendidikan di sekolah dasar. Tentunya masih perlu usaha dan kerja keras untuk kami semua di Direktorat Sekolah Dasar untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar,” kata Sri Wahyuningsih. (Hendriyanto)