Menumbuhkan Kebiasaan Olahraga Sejak Usia Sekolah Dasar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi langkah dan komitmen yang ditunjukan oleh Nestle MILO dalam mewujudkan generasi masa depan Indonesia yang lebih sehat, aktif dan berkarakter tangguh. Komitmen ini ditunjukan melalui peluncuran platform edukasi olahraga online atau MILO ACTIV Academy pada Juli 2021 lalu.

Platform tersebut menyediakan video tutorial dan beragam rekomendasi kegiatan olahraga yang dibuat berdasarkan modul MILO ACTIV Indonesia, yang merupakan kerja sama antara Nestlé MILO dan Kemendikbudristek yang juga disusun oleh para ahli di bidangnya.

“Kemendikbudristek juga kembali mengapresiasi Nestle Milo karena tepat pada hari ini Nestlé MILO menghadirkan inisiatif lain untuk terus memotivasi masyarakat Indonesia bergerak aktif melalui MILO ACTIV Academy, dengan menghadirkan MILO GraduACTIV,” kata Direktur Sekolah Dasar, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd yang mewakili Mendikbudristek dalam konferensi pers virtual MILO GraduACTIV pada Rabu, 19 Januari 2022.

Pada program MILO GraduACTIV ini, para peserta yang telah konsisten mengikuti berbagai kegiatan olahraga di MILO ACTIV Academy di tahun 2021, akan terpilih menjadi MILO ACTIV Academy All Stars. Mereka diharapkan dapat menjadi panutan bagi masyarakat dengan terus menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

“Atas nama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia saya mengucapkan terima kasih kepada Nestlé MILO yang sudah menghadirkan wadah kegiatan MILO ACTIV Academy untuk orang tua dan anak usia sekolah dasar,” kata Sri Wahyuningsih.

Direktur Sekolah Dasar berharap platform MILO ACTIV Academy ini dapat memotivasi lebih banyak masyarakat Indonesia untuk konsisten menjalankan gaya hidup sehat dan aktif. Serta terus mendukung Nestlé MILO dalam mewujudkan komitmen dan perannya untuk pengembangan olahraga sejak usia sekolah dasar di Indonesia, melalui berbagai kegiatan olahraga lain dalam gerakan MILO ACTIV Indonesia.

Sri Wahyuningsih juga mendorong para orang tua untuk terus memperhatikan keseimbangan antara pendidikan akademis serta olahraga sambil terus memperhatikan pemenuhan gizi seimbang agar anak dapat aktif dalam menjalani kegiatan hariannya.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para pemenang yang terpilih menjadi MILO ACTIV Academy All Stars. Bagi yang belum terpilih, jangan berkecil hati, karena kalian semua adalah juara sejati. Mari kita jaga kesehatan dengan perilaku hidup bersih, sehat dan tetap aktif berolahraga meskipun dari rumah,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Business Executive Officer Beverages Business Unit PT Nestle Indonesia, Mirna Tri Handayani mengatakan, pihaknya sangat senang karena hari ini dapat mengumumkan peserta MILO ACTIV Academy yang terpilih menjadi MILO ACTIV Academy All Stars.

“Para juri memilih tiga peserta yang meraih nilai tertinggi dan memenuhi penilaian berdasarkan aspek fisik, kognitif serta sosial/karakter. Pemenang terpilih ini akan mendapatkan beasiswa pendidikan senilai total lebih dari Rp 150 juta dan juga produk MILO selama satu tahun,” ungkapnya.

Di samping itu ujar Mirna, MILO ACTIV Academy All Stars kedepannya akan menjadi duta program MILO ACTIV Academy yang diharapkan dapat menebarkan gaya hidup sehat dan aktif baik di lingkungan sekolah, keluarga, hingga teman-teman.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para pemenang karena kalian adalah juara sejati!” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Corporate Nutritionist Nestle Indonesia, Eka Herdiana menambahkan, MILO ACTIV Academy merupakan salah satu wadah yang dihadirkan Nestle MILO untuk dapat terus mewujudkan anak yang aktif dan sehat baik fisik, kognitif dan sosial/karakter.

Ia melanjutkan studi internal Nestle pun mengungkapkan bahwa usia 5-15 tahun merupakan periode pertumbuhan yang penting bagi anak, mencakup pertumbuhan dan perkembangan fisik, kognitif serta sosial/karakter yang sangat pesat.

“Maka penting bagi orang tua juga untuk memberikan asupan gizi seimbang, dukungan dan motivasi untuk menjalani pola hidup aktif dalam periode ini, sehingga dapat membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan,”

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2021 oleh Nestle MILO, platform edukasi olahraga ini berhasil menjangkau lebih dari 10 juta masyarakat di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 10.000 pengguna aktif. (Hendriyanto)