Peluncuran Kampanye 3M ABC

Jakarta, 5 November 2021. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI bersama Kalbe Consumer Health, melalui brand Sakatonik ABC meluncurkan Kampanye 3M ABC (Asupan nutrisi, Bergerak aktif dan Ceria) dalam rangka mendukung penerapan protokol kesehatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tahun ajaran baru 2021/2022. Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi sekolah dasar di seluruh Indonesia mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M dan gaya hidup sehat ABC dengan memenuhi asupan nutrisi, salah satunya melalui pemberian multivitamin, bergerak aktif dan ceria untuk lawan COVID-19. Kampanye 3M ABC mencakup program nasional dan program dukungan lainnya.

Peluncuran Kampanye 3M ABC

Pada program nasional, Kemendikbudristek bersama Kalbe Consumer Health didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) membuat materi kampanye berupa video Gerakan Senam 3M ABC yang menyenangkan, mudah dilakukan dan diingat oleh anak-anak, buku manual senam dan e-poster yang akan didistribusikan ke 149.000 SD di seluruh Indonesia, pelatihan kepada tenaga didik di bawah jejaring Kemendikbudristek, dan pemberian dukungan berupa multivitamin Sakatonik ABC kepada 100 sekolah dasar di Indonesia.

 

Peluncuran Kampanye 3M ABC

Direktur Sekolah Dasar,  Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd mengatakan, “Kemendikbudristek RI juga menganjurkan anak-anak untuk bergerak aktif di sekolah, salah satunya dengan melakukan Gerakan Senam 3M ABC. Gerakan senam ini merupakan sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak dalam memahami pentingnya 3M dan memenuhi asupan nutrisi, bergerak aktif dan ceria untuk lawan Covid-19. Kami merekomendasikan gerakan senam 3M ABC untuk dilaksanakan menyeluruh untuk siswa/i kelas  1- 6 sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan juga dilaksanakan pada saat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara klasikal.”

Lebih lanjut Ibu Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd mengatakan, “Kemendikburistek mengapresiasi Kalbe Consumer Health melalui brand Sakatonik ABC atas inisiasinya dalam menyusun Kampanye 3M ABC dengan gerakan senam, materi edukasi dan pelatihan. Semoga Kampanye 3M ABC ini memberikan manfaat yang besar bagi generasi muda penerus bangsa.”

Peluncuran Kampanye 3M ABC

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), Dr Leny Pintowari, Sp.KO menerangkan, “Untuk tetap sehat dan bugar, anak-anak perlu rutin bergerak atau berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari. Dengan bergerak aktif, proses tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih optimal, serta baik untuk perkembangan fisik, mental dan spiritual anak. Gerakan Senam 3M ABC disusun langsung oleh para Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga dari PDSKO dengan memasukkan unsur pengingat prokes 3M dan gaya hidup sehat ABC Asupan nutrisi, Bergerak aktif, dan Ceria.”

Peluncuran Kampanye 3M ABC

Lebih lanjut Dr Leny menambahkan, “Gerakan ini mudah diterapkan dan menyenangkan bagi anak-anak. Gerakan ini berdurasi 12 menit sehingga dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Anak-anak dianjurkan untuk melakukan senam ini secara rutin minimal 10-12 minggu untuk mendapatkan manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mempertahankan serta meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kelenturan, mendukung perkembangan fisik, mental, sosial, perilaku dan kognitif anak; serta melindungi dari penyakit akibat kurang gerak seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, keropos tulang (osteoporosis) dan lain-lain”.

Peluncuran Kampanye 3M ABC

Direktur Kalbe Consumer Health, Feni Herawati mengatakan, “Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang merupakan kunci tumbuh kembang optimal pada anak. Memenuhi kecukupan nutrisi dan pemberian multivitamin Sakatonik ABC setiap hari mampu menunjang perkembangan fisik dan kecerdasan anak, serta memperkuat daya tahan tubuhnya. Dalam menghadapi PTM terbatas, orang tua perlu memastikan anak-anak patuh protokol kesehatan 3M serta menjalankan gaya hidup ABC dengan menjaga asupan nutrisi yang cukup,  bergerak aktif setiap hari dan tetap ceria. Kampanye 3M ABC merupakan bentuk komitmen Kalbe Consumer Health, melalui brand kami Sakatonik ABC, dalam mendukung Kampanye 3M dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas oleh Pemerintah. Selain itu, kampanye ini juga bertujuan untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak-anak Indonesia, melalui  Sakatonik ABC yang mengandung multivitamin lengkap dari vitamin A-E yang penting bagi tubuh anak Indonesia.”

Peluncuran Kampanye 3M ABC

 

Materi video senam berdurasi hampir 13 menit, modul gerakan senam dan poster edukasi digital dapat diunduh secara gratis di

Peluncuran Kampanye 3M ABC