Kemendikbudristek Resmikan Ruang Transformasi Pembelajaran Inovatif SDN Baru 01 Jakarta Timur

Dalam rangka mewujudkan sekolah ramah digital, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meresmikan ruang transformasi pembelajaran inovatif di SDN Baru 01 Jakarta Timur pada 23 Juni 2022.

Transformasi pembelajaran inovatif merupakan hasil kolaborasi Kemendikbudristek dengan HP Indonesia, Intel dan Google for Education. Kemendikbudristek yang diwakili oleh Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., Direktur Sekolah Dasar, menyampaikan mengapresiasi kepada para mitra pembangunan yang sudah terlibat aktif melakukan terobosan dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

“Kami mengucapkan terimakasih karena HP Indonesia, Google for Education, dan Intel sudah memiliki kepedulian dengan telah memberikan fasilitas dan advokasi di dunia pendidikan. Melalui kebijakan Merdeka Belajar, Kemendikbudriatek memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mitra untuk bersama membangun pendidikan yang berkualitas,” ujar Sri Wahyuningsih dalam pidatonya.

Kemendikbudristek Resmikan Ruang Transformasi Pembelajaran Inovatif SDN Baru 01 Jakarta Timur

Direktur Sekolah Dasar juga menyampaikan pesan dari Mendikbudristek agar satuan pendidikan tetap semangat dalam keadaan apapun. Ia pun mengingatkan, meski saat ini sedikit lega karena kondisi Pandemi Covid-19 cukup terkendali, akan tapi warga sekolah harus tetap waspada, mawas diri, dan menjaga diri.

Sri Wahyuningsih menjelaskan, Merdeka Belajar merupakan sebuah wadah di mana Kemendikbudristek memberikan kesempatan yang seluas luasnya kepada seluruh masyarakat untuk bergotong royong, mempersiapkan dan mendampingi anak-anak menjadi Pelajar Pancasila, yang siap beradaptasi dalam kondisi apapun, termasuk di tengah masa pandemi yang telah memberikan dampak luar biasa bagi seluruh elemen masyarakat.

“Melalui Merdeka Belajar ini, Kemendikbudristek telah memberikan semangat sekaligus wadah untuk masyarakat agar bisa Go Pentas, yaitu singkatan dari gotong royong  untuk pendidikan yang berkualitas,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Direktur Sekolah Dasar, masyarakat harus harus bergerak dan bersatu membangun inovasi, membangun kreativitas, memfasilitasi, mengadvokasi untuk pendidikan yang lebih baik lagi.

Kemendikbudristek Resmikan Ruang Transformasi Pembelajaran Inovatif SDN Baru 01 Jakarta Timur

“Kemendikbudristek sudah meluncurkan Merdeka Belajar sebanyak 20 episode, salah satunya adalah episode yang ke 19 tentang Rapor Pendidikan yang sudah bisa diakses melalui platform rapor pendidikan dengan mengaktivasi akun belajar.id,” ujarnya.

Selain itu pemerintah juga memberikan fasilitas Google for Education kurang lebih sebanyak 40 juta akun yang telah dibagikan kepada pendidik, tenaga kependidikan bahkan pemerintah daerah.

Kemendikbudristek Resmikan Ruang Transformasi Pembelajaran Inovatif SDN Baru 01 Jakarta Timur

“Mari bapak dan ibu kita manfaatkan, kita gunakan akun belajar.id untuk beradaptasi dengan ruang digital yang menyajikan banyak platform untuk transformasi kualitas pendidikan. Mari para orang tua dampingi anak-anak kita untuk beradaptasi dengan teknologi, kita bangun karakter anak-anak dari rumah,” tandasnya. (Hendriyanto)