Kemendikbudristek Apresiasi Awarding Kalbe Junior Scientist Award 2021

Setelah melewati proses pengumpulan karya dan penjurian selama lebih dari 2 bulan, Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2021 mengumumkan para pemenang. Lomba ini diikuti oleh para peserta tingkat sekolah dasar kelas 4-6 dari seluruh Indonesia. Acara awarding tersebut digelar secara virtual pada Sabtu, 13 November 2021.

Kompetisi KJSA kali ini hadir dengan format berani untuk mengajak para peneliti cilik membuat karya-karya inspiratif yang bisa menjadi solusi permasalahan sehari-hari, khususnya pasca pandemi Copvid-19.

Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek mengapresiasi PT Kalbe Farma yang sudah memberikan ruang kepada anak-anak sekolah dasar, untuk dapat mengekspresikan kemampuannya dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi melalui ajang KJSA tahun 2021. Ia juga mengapresiasi PT Kalbe Farma yang telah memberikan banyak dukungan melalui berbagai aktivitas dan program-program, serta melakukan sinergi binaan kepada Kemendikbudristek.

“Sebagai mana arahan Mas Menteri bahwa persoalan pendidikan Indonesia ini sudah sangat kompleks. Untuk menyelesaikannya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, maka diperlukan dukungan serta sinergi dari berbagai pihak, baik warga masyarakat maupun pelaku usaha yang peduli pendidikan. Karena dengan kekuatan kolaborasi kita akan cepat melakukan transformasi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan,” ujar Sri Wahyuningsih dalam sambutannya.

Beliau juga mengucapkan selamat kepada para peserta sekolah dasar yang terpilih di KJSA 2021 dan mengingatkan mereka bahwa semua peserta adalah pemenang dan tunas Pancasila.

Kemendikbudristek Apresiasi Awarding Kalbe Junior Scientist Award 2021

“Ada kurang lebih 26 juta anak sekolah dasar di Indonesia dan kalian adalah beberapa anak dari 26 juta tersebut yang telah mengirimkan karya-karya terbaik. Itu berarti kalian adalah anak-anak hebat, baik dan kreatif yang telah menyampaikan gagasan dalam bentuk karya hasil penelitian. Inovasi yang kalian ciptakan memberikan jaminan bahwa kalian adalah pelajar-pelajar Pancasila,” ujar perempuan yang disapa Bunda Ning tersebut.

Bunda Ning juga mengatakan, dengan mengikuti KJSA 2021 anak-anak Indonesia sudah membuktikan kreativitas serta kemampuannya dalam bidang teknologi sains. Anak-anak Indonesia harus bisa melahirkan karya dan inovasi sebagai perwujudan pelajar Pancasila.

“Kegiatan ini banyak memberikan manfaat, diantaranya menumbuhkan sikap pelajar Pancasila yaitu sifat gotong royong, kreatif, kritis, dan yang jauh lebih penting melalui perlombaan ini bisa menumbuhkan mental yang kuat dan berwawasan global,” imbuhnya.

Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk menambahkan, Kalbe Junior Scientist Award ini mempresentasikan komitmen Kalbe dalam pembinaan membangun semangat inovasi sejak usia dini.

Kemendikbudristek Apresiasi Awarding Kalbe Junior Scientist Award 2021

“Tahun ini kita mencoba mengadakan KJSA lagi dengan tema penelitian yang fokus kepada bidang kesehatan, termasuk bagaimana kita merespon atas situasi pandemi Covid-19, yang diselenggarakan melalui sosial media, website, virtual expo dan kompetisi online,” ujarnya.

Melalui KJSA ini banyak bermunculan ide-ide kreatif dan inovatif termasuk di bidang digital kesehatan dari para peserta yang mengikuti KJSA 2021. Diharapkan semangat inovasi ini tetap dikembangkan menuju hasil yang lebih besar di masa depan.

Atas nama Kalbe Farma, Vidjongtius juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kemendikbudristek dan semua pihak yang terus mendukung dan mendorong program-program KJSA agar bisa berjalan secara konsisten.

“Kami mengucapkan selamat kepada 10 finalis KJSA 2021. Tetap bangun semangat inovasi dan kreatifitas tanpa batas serta kembangkan terus inovasi yang bisa membawa negara dan masyarakat kita makin sehat, baik dan sejahtera.” tutupnya.

Tiga karya terbaik diumumkan secara resmi sebagai pemenang dalam salah satu perhelatan kreasi sains terbesar di Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun oleh PT Kalbe Farma Tbk tersebut.

Ketiga juara KJSA 2021 adalah:

-              Juara I Dania Azra Nazifa dan Adellia Shovia Putri, Oksi Braille, SD Muhammadiyah Manyar Gresik.

-              Juara II Ngurah Bagus Raditya Ananda Puja, Kompres Digital Pereda Demam, SD Saraswati 3 Denpasar.

-              Juara III Ferdian Affandi Budiansyah, Keset Clean and Clear, SDN Ngadirgo 03 Semarang.