Oleh: Lanny Anggraini, S.Pd, M.A

 

Salah satu strategi dalam pembinaan peningkatan mutu pendidikan adalah melalui penganekaragaman bacaan pendukung pembelajaran. Untuk jenjang sekolah dasar, Direktorat Sekolah Dasar kembali hadir untuk memenuhi komitmen tersebut dengan menginisiasi kegiatan Finalisasi Naskah Komik Pembelajaran Sekolah Dasar.

 

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan di tahun 2019 lalu. Sebelumnya Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar telah melaksanakan Lomba Penulisan Naskah Komik Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Kegiatan ini diikuti dari berbagai kalangan dengan latar belakang yang berbeda seperti: ibu rumah tangga, guru, dosen, pelajar, pendidik dan tenaga kependidikan, penulis, komikus, ilustrator, dan lain sebagainya. Dari kegiatan tersebut menghasilkan komik pembelajaran sekolah dasar dengan konten mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA untuk kelas tinggi (kelas 4,5,6) sesuai dengan Kurikulum 2013. Penulisan komik-komik tersebut didasarkan pada Kompetensi Dasar (KD) esensial  yang telah ditentukan panitia untuk ketiga mata pelajaran tersebut.

 

Para penulis komik dapat memilih satu atau lebih KD yang dijadikan dasar untuk penentuan isi komik. Isi komik cukup menarik dan beragam cerita seperti: petualangan empat sekawan dalam memecahkan soal atau kasus yang mengandung mata pelajaran Matematika, IPA, maupun Bahasa Indonesia; berpetualang ke dalam tubuh manusia, yang menjelaskan organ tubuh manusia dan fungsinya; Imajinasi gambaran Indonesia di 2029; Bagaimana cara menulis iklan yang diramu dalam sebuah  cerita yang apik, dan lain sebagainya. Cerita dalam komik tersebut sangat menarik dengan berbagai ilustrasi yang indah, alur cerita yang runtut, susunan kalimat yang sederhana dan pastinya mudah dipahami siswa.  

 

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk memperbaiki naskah Komik Pembelajaran tahun 2019 yang meliputi aspek materi, aspek bahasa, aspek penyajian, dan aspek grafika/ilustrasi; mendapatkan naskah komik pembelajaran yang lebih bermutu, sesuai dengan standar penilaian buku nonteks pelajaran.

 

Harapan dari peserta kegiatan yang berasal dari unsur penulis, ilustrator, komikus dari wilayah Jabodetabek untuk segera dapat menyelesaikan bahan komik tersebut sesuai dengan standar penilaian dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan sebagai bentuk sumbangsih tenaga dan pikiran bagi anak bangsa. Kesulitan yang dihadapi peserta diantaranya adalah mengubah beberapa karakter utama komik dan mengilustrasi kembali gambar yang sesuai dengan hasil penilaian Tim Penilai Pusat Perbukuan, karena membutuhkan waktu yang agak panjang.

 

Namun demikian secara umum, seluruh rangkaian kegiatan Finalisasi Naskah Komik Pembelajaran Sekolah Dasar  2019 di Tahun 2020 ini terselenggara dengan baik dan lancar sesuai dengan waktu dan target yang diharapkan oleh Direktorat Sekolah Dasar. Hadirnya 28 komik pembelajaran yang lebih menyenangkan serta memperkaya bahan bacaan berkualitas, menarik dan mendukung pembelajaran khususnya dimasa Pandemi Covid 19 ini. (*)

 

Lanny Anggraini, S.Pd., M.A adalah PTP Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud.