FL2N - Wisata Edukasi menjadi hiburan tersendiri bagi peserta Festival dan Lomba Literasi (FL2N) SD. Setelah mereka fokus mengikuti kompetisi pada masing-masing lomba mereka diajak untuk mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Di sana seluruh peserta diajak mengunjungi 2 lokasi, yakni Museum Indonesia dan Sky World. Banyak informasi dan pengetahuan baru yang mereka dapat.

Seperti diungkapkan oleh peserta Lomba Cipta Syair dari Provinsi Bali, Ida Ayu Putu Santhi Darmayani bahwa selain menghibur, Wisata Edukasi juga mendapatkan pengetahun dan wawasan baru.  Dia mencontohkan misalnya saat mengunjungi Museum Indonesia dia mendapat pengetahuan baru tentang budaya dan kesenian yang dimiliki masyarakat Indonesia. Seperti  pakaian adat, musik tradisional dan senjata tradisional dari berbagai daerah. 

"Selain itu  saya juga mengetahui mata uang dari jaman Belanda sampai mata uang Indonesia pada jaman Presiden Soekarno," katanya saat ditemui tim media center disela-sela kegiatan Wisata Edukasi di TMII, Jakarta, Minggu (28/7). 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ni Ketut Sopy Ariani. Wisata edukasi ini menghilangkan kejenuhan setelah mengikuti lomba kemarin. Dan yang paling penting dari kegiatan ini mendapat ilmu dan pengetahuan  baru yang belum dia dapatkan.

"Saya ke Museum Indonesia dapat hal baru soal budaya Indonesia. Saat masuk ke Sky World saya dapat pengetahuan tentang planet-planet, matahari dan tata surya  alam semesta," ujarnya.

Siswa kelas 6 dari SD Negeri 2 Pengulon, Bali merasa senang bisa menjadi peserta FL2N. Banyak hal dan pengalaman baru yang dia dapat.

"Saya senang ikut FL2N. Dan semoga saya mendapat juara pada lomba ini," tutupnya. 

Berita Terkait 1

Pendaftaran Karya Secara Online pada Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Siswa Nasional Jenjang Sekolah Dasar

Pendaftaran Karya Secara Online pada Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Siswa Nasional Jenjang Sekolah Dasar

Disdik Gelar Lomba Gebyar Literasi Sekolah 2017

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan, telah melaksanakan kegiatan technikal meeting mengenai Gebyar Literasi tingkat SD di Kota Bandung.

Petunjuk Teknis Registrasi Online FL2N-SD 2018

Petunjuk Teknis Registrasi Online FL2N-SD 2018

Undangan Mengikuti Kegiatan FL2N Tingkat SD 2018

Undanganga mengikuti kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) tingkat sekolah dasar tahun 2018

FL2N Sarana Lahirkan Sastrawan Masa Depan

Ajang ini akan melahirkan generasi yang kreatif dan berkarakter untuk menyambut perubahan zaman.

Orang Tua Memiliki Peran Penting Menciptakan Budaya Literasi Anak

Seperti kisah yang dialami Intan, dia mulai gemar membaca dan membaca dongeng karena orang tuanya kerap membelikan buka cerita.