FL2N-  Anak-anak Indonesia merupakan aset bangsa yang sangat mahal. Maka itu, mereka harus dilindungi dari bahaya Narkoba.

Indonesia termasuk negara darurat dalam penggunaan dan peredaran narkoba, dan yang lebih memperhatinkan lagi para mafia narkoba sudah menyasar anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Ini merupakan ancaman yang sangat membahayakan. Perlindungan anak-anak Indonesia dari bahaya Narkoba ini harus terus dilakukan, karena mereka adalah generasi penerus bangsa.

Upaya tersebut dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yang bekerjasama  dengan BNN dan Yayasan Sahabat Putra dengan menggelar Gerakan Anti-Narkoba bersama Kapten BeNN. Kegiatan ini digelar di sela-sela kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) di Hotel Santika Bintaro, Kota Tangerang Selatan, Minggu (28/7). 

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini berlangsung sangat meriah. Dengan penuh kecerian mereka menyimak pesan-pesan yang disampaikan oleh Kapten BeNN.  Pada kesempatan itu, Kapten BeNN  berpesan kepada anak-anak Indonesia untuk selalu dekat dengan Tuhan YME agar bisa terhindar dari bahaya narkoba.

"Dengan selalu bersyukur kita akan bisa terhindar dari Narkoba," ujar Kapten BeNN.

Pesan yang selanjutnya dia mengajak anak-anak untuk semakin sayang terhadap keluarga, sebab keluarga adalah tempat untuk menumpahkan kasih sayang. " Adik-adik juga dari sekarang mulai membiasakan pola hidup sehat dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat agar kita menjadi generasi sehat dan kuat," imbuhnya.

Selain itu dia juga berpesan agar anak-anak terus menggali potensi diri. Dengan kita sibuk menggali potensi diri ini kita akan terhindar dari bahaya narkoba. "Adik-adik yang bercita-cita menjadi dokter ayo kejar cita-cita itu. Kejar cita-cita adik dengan terus belajar dan belajar. Terus lah berprestasi," ujarnya.

Dan dia pun berpesan agar anak-anak harus selalu waspada terhadap orang yang baru kenal. "Dan adik-adik juga harus berani bilang jangan merokok di dekat saya karena ini bahaya," katanya.

Pada kesempatan yang sama Penggagas Program Kapten BeNN, Endang Mikuwati mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bahaya Narkoba. Dan memberikan informasi bagaimana cara pengedar menawarkan barang haram tersebut. 

Dengan adanya kegiatan ini dia berharap anak-anak makin sadar terhadap bahaya Narkoba. Dan mengetahui jika ada pengedar yang menawarkan Narkoba kepada anak-anak. 

"Kegiatan ini sangat penting. Mereka adalah anak-anak yang cerdas harus dilindungi dari bahaya Narkoba," ujarnya. 

Lebih lanjut dia berpesan kepada anak-anak agar terus menggali potensi diri. Dan berhati-hati terhadap orang yang baru mereka kenal, apalagi memberikan makanan yang mencurigakan. 

"Terus belajar adik-adik. Terus berprestasi dan lawan Narkoba," tutupnya. 

Berita Terkait 1

Pendaftaran Karya Secara Online pada Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Siswa Nasional Jenjang Sekolah Dasar

Pendaftaran Karya Secara Online pada Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Siswa Nasional Jenjang Sekolah Dasar

Disdik Gelar Lomba Gebyar Literasi Sekolah 2017

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan, telah melaksanakan kegiatan technikal meeting mengenai Gebyar Literasi tingkat SD di Kota Bandung.

Petunjuk Teknis Registrasi Online FL2N-SD 2018

Petunjuk Teknis Registrasi Online FL2N-SD 2018

Undangan Mengikuti Kegiatan FL2N Tingkat SD 2018

Undanganga mengikuti kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) tingkat sekolah dasar tahun 2018

FL2N Sarana Lahirkan Sastrawan Masa Depan

Ajang ini akan melahirkan generasi yang kreatif dan berkarakter untuk menyambut perubahan zaman.

Orang Tua Memiliki Peran Penting Menciptakan Budaya Literasi Anak

Seperti kisah yang dialami Intan, dia mulai gemar membaca dan membaca dongeng karena orang tuanya kerap membelikan buka cerita.