O2SN - Kecintaan Jeanne D' Arc Adita Maharani BS terhadap olahraga senam telah menghantarkannya menjadi juara pada ajang O2SN SD tahun 2019. Dia berhasil mengumpulkan dua medali pada senam artistik putri, yakni medali perak pada perlombaan semua alat dan medali emas pada perlombaan balok keseimbangan.

Siswa kelas 6  SD Negeri Petrokimia Gresik, Jawa Timur mengatakan sangat bersyukur dan sangat bahagia bisa mengharumkan Provinsi Jawa Timur. Dan dia merasa senang hobinya selama ini membuahkan hasil yang gemilang.

"Saya suka senam sejak kecil. Saat saya usia 4 tahun sudah berlatih senam. Bagi saya senam itu sangat menyenangkan," ujarnya saat ditemui Tim Media Center usai upacara penganugerahan pemenang di Laboratorium Olahraga Prof. Soegijono, Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES, Semarang, Kamis (29/8).

Untuk menekuni kecintaannya terhadap olahraga senam dia rela menumpuh perjalanan dari Gresik ke Surabaya untuk melakukan latihan. Dia mengatakan dia rutin berlatih di klub Zasis Gymnastisc setiap hari Senin sampai Sabtu. "Kalau latihan ditemani ibu. Perjalanan bisa sampai satu jam. Saya berlatih di Zasis Gymnastics seminggu enam kali latihan. Saya latihan sore hari setelah pulang sekolah dari Senin sampai Sabtu. Minggunya saya libur di rumah saja," jelas siswa yang hobi traveling ini. 

Lebih lanjut dia mengatakan meskipun berlatih rutin dia tidak pernah melupakan belajar. Dia tetap belajar dengan giat setelah pulang dari latihan. "Saya tetap belajar malamnya. Jadi sekolah saya tidak terganggu," ujar siswa yang menyukai pelajaran IPA dan Bahasa Inggris ini.

Sempat Grogi

Dia mengatakan saat menjalani pertandingan dirinya merasa grogi. Untuk menghilangkan perasaan tersebut dia tetap tenang dan lebih fokus bertanding. "Pas tampil saya deg-degan sih. Tapi saya usahakan hati tetap tenang.  Caranya ya dengan fokus  apa yang sudah diajarkan selama ini," jelasnya.

Siswa yang bercita-cita ingin menjadi pelatih senam ini  mengatakan agar tampil maksimal dia pun tidak lupa berdoa. Dan  kedatangan orang tuanya juga memberikan energi tambahan baginya. Sehingga dia terus  termotivasi saat menjalani pertandingan.

"Terimakasih kepada ibu dan bapak yang sudah menemani saya sampai ke Semarang. Saya sangat senang dan semangat karena doa dan dukungan orang tua. Dan saya juga terimakasih kepada guru dan pendukung yang hadir disini," ujarnya. 

Apa yang telah dia capai tidak membuatnya merasa puas. Dia akan terus berlatih agar di kompotisi-kompetisi yang lain  bisa kembali mengukir prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. "Saya bersyukur, tapi saya tidak akan puas dengan apa yang didapat di O2SN. Saya akan terus latihan agar makin bagus sehingga bisa juara lagi hingga internasioal," ujarnya.

Berita Terkait 1

Inilah Daftar Peraih Juara FLS2N SD Tahun 2019

Inilah Daftar Peraih Medali FLS2N SD Tahun 2019

Dzaky: Medali Emas Ini Ku Persembahkan untuk Orang Tua

Dzaky meraih medali emas pada lomba bidang Matematika di OSN SD 2018.

Peraih Emas OSN SD Ini Bercita-cita Menjadi Ilmuwan

Dengan belajar maka akan mengetahui hal-hal baru. Ini yang membuatnya tidak letih belajar.

Sopian Hamdani, Peraih KIP yang Berprestasi

Siswa berprestasi dari SDN Baros Mandiri 3 Kota Cimahi

Dengan KIP, Teguh Ingin Meraih Cita-citanya

Biarpun dengan keterbatasan ekonomi, Teguh mengaku tetap bersekolah untuk masa depannya. Dia termasuk siswa berprestasi menjadi langganan juara kelas dan peraih Kartu Indonesia Pintar

Nur Febrianto, Antara Keterbatasan, PIP, dan Prestasi

Febri sapaan akrabnya, terlahir dari keluarga sederhana