O2SN – Direktur Pembinaan Sekolah Dasar , Dr. Khamim mengatakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan wahana strategis untuk membina bakat dan prestasi siswa dalam bidang olahraga. Selain itu, melalui ajang O2SN inilah penanaman pendidikan karakter terhadap  anak-anak diterapkan.

Khamim  mengatakan  pada ajang O2SN anak-anak ditanamkan sikap sportivitas, menghargai sesama, tanggungjawab dan kejujuran. “ Seperti pesan pak Presiden pada jenjang SD mendapatkan pendidikan karakterter 70 persen, dan akademik 30 persen. Melalui  ajang O2SN inilah salah satu cara penguatan pendidikan karakter terhadap mereka,” ujarnya saat menyampaikan pengarahan umum pada Malam Penganugerahan dan Keakraban di Hotel Grand Arkenso, Kamis (29/8).

Maka itu dia menegaskan pada ajang O2SN tidak hanya berorientasi pada kejuaraan saja. Tapi yang paling utama adalah membentuk karakter anak yang jujur, tanggungjawab dan menghargai sesama peserta. “Akuilah teman kamu sebagai juara. Dan teruslah berlatih agar di ajang-ajang kedepan bisa mengukir prestasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan O2SN juga merupakan sarana strategis untuk mencetak generasi-generasi unggul yang memiliki daya saing  dengan bangsa-bangsa lain. Melalui ajang inilah akan lahir atlet-atlet nasional yang mampu mengukir prestasi hingga ke tingkat Internasional.

“Teruslah berlatih anak-anak ku. Sehingga kalian akan menjadi generasi yang memiliki daya saing yang unggul, dan siap mengukir prestasi hingga ke tingkat internasional,” ujarnya.

Khamim mengatakan anak-anak yang mengikuti ajang O2SN ini juga akan menjadi duta-duta olahraga bagi siswa SD. Mereka akan memberikan motivasi kepada siswa-siswa lain untuk mencintai olahraga, dan menjadi inspirasi kepada yang lain untuk terus mengukir prestasi. “Kalian akan menjadi duta-duta olahraga. Sampai pengalaman baik kalian , dan jadilah insipirasi untuk teman-teman kalian semua,” ujarnya.

Berita Terkait 1

588 Siswa di Pamarican Ciamis ‘Unjuk Kabisa’ dalam O2SN Tingkat SD

Ratusan siswa tingkat sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memadati lapangan sepakbola untuk mengikuti lomba dalam kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Ratusan Siswa SD Jonggol Ikuti Kompetisi O2SN dan FLS2N

Acara tersebut digelar di SDN Citra Indah Sukamaju, Jonggol Bogor diikuti 59 SD dari negeri maupun swasta.

Gugus SDN Ateuk Juara Umum O2SN

Gugus Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ateuk tampil sebagai juara umum dalam O2SN SD tingkat UPTD Wilayah V Kuta Baro, Aceh Besar.

Fokus dan Kerja Keras adalah Kunci Jalani Hidup

Tak pernah menduga dirinya ikut O2SN SD tingkat nasional. Rasyidul hanya berjuang dengan ulet dan tekun.

Latihan Naik dan Turun Bukit Menghantar Siswa Ini Ikut O2SN

Rumahnya ada di desa Bukit Batu Desa dekat dengan bukit-bukit. Ini tempat saya latihan.

O2SN Sarana Cetak Generasi yang Memiliki Daya Saing

O2SN ini juga menjadi sarana untuk penguatan pendidikan karakter.