Yogyakarta -  Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tingkat nasional tahun 2019 telah usai digelar. Dan telah mendapatkan provinsi mana yang menempati posisi teratas pada ajang bergengsi di bidang sains ini.

Berdasarkan hasil keputusan dewan juri dari kedua bidang yang dilombakan, IPA dan Matematika Provinsi DKI Jakarta menempati posisi teratas dari perolehan medali. DKI Jakarta berhasil mengumpulkan medali sebanyak sembilan, dengan rincian 3 medali emas, 5 medali perak dan 1 medali perunggu.

Maka dengan ini DKI Jakarta berhasil mempertahankan gelarnya sebagai juara umum pada ajang OSN SD. Bahkan tahun 2019 DKI Jakarta mengalami peningkatan dari peroleh medali. Pada tahun 2018 Jakarta mampu mengumpulkan 7 medali.

Di tempat kedua diduduki Provinsi Jawa Timur  memperoleh medali yang sama, yakni 9 medali, dengan rincian 1 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu.

Sementara itu pada posisi ketiga di tempati oleh Provinsi Banten. Ini merupakan capaian yang sangat luar biasa bagi Banten, pasalnya pada tahun 2018 tidak berhasil membawa pulang satu medali pun. Pada tahun 2019 Banten menunjukan kekuatannya dengan berhasil mengumpulkan 8 medali, dengan rincian 1 emas, 1 perak dan 6 perunggu.

Sedangkan Jawa Barat hanya puas menempati peringkat keempat dan kemudian disusul Provinsi Riau, Sulawesi Selatan, dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk tuan rumah, DIY menempati peringkat delapan dengan mengumpulkan tiga medali perak.

Berita Terkait 1

SD dan SMP se-Bitung Seleksi OSN

Seluruh sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Bitung, Sulawesi Utara, saat ini tengah menyiapkan dua siswa terbaik mereka untuk bertarung dalam seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Bitung.

Seleksi OSN Tingkat SD Se-Kabupaten Bengkalis Diikuti 66 Siswa

Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) se-Kabupaten Bengkalis yang di Gelar di Kota Duri resmi dimulai, Selasa (7/3/2018).

72 Murid SD Ikut Seleksi OSN di Enrekang

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Enrekang menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar (SD)

Surat Undangan OSN SD 2018

Undangan Mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat SD/MI dan atau yang sederajat Tahun 2018

Ke Padang Membentang Asa Masa Depan Anak Bangsa

Langit yang cerah menyambut tim Olimpiade Sains Nasional (OSN) dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Kementrian Pendidikan Republik Indonesia

Hasil Tes Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2018

Hasil Tes Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2018