Visi & Misi

 

    Dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019, Visi Kemendikbud 2019, yaitu: “Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong“. Untuk mencapai Visi Kemendikbud 2019 ditetapkan 5 (lima) Misi, sebagai berikut:

  • M1 Mewujudkan Pelaku Pendidikan dan Kebudayaan yang Kuat
    adalah menguatkan siswa, guru, kepala sekolah, orang tua, dan pemimpin institusi pendidikan dalam ekosistem pendidikan; memberdayakan pelaku budaya dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan; serta fokus kebijakan diarahkan pada penguatan perilaku yang mandiri dan berkepribadian.
  • M2 Mewujudkan Akses yang Meluas, Merata, dan Berkeadilan
    adalah mengoptimalkan capaian wajib belajar 12 tahun; meningkatkan ketersediaan serta keterjangkauan layanan pendidikan, khususnya bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus dan masyarakat terpinggirkan, serta bagi wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).
  • M3 Mewujudkan Pembelajaran yang Bermutu
    adalah meningkatkan mutu pendidikan sesuai lingkup standar nasional pendidikan; serta memfokuskan kebijakan berdasarkan percepatan peningkatan mutu untuk menghadapi persaingan global dengan pemahaman akan keberagaman, dan penguatan praktik baik dan inovasi.
  • M4 Mewujudkan Pelestarian Kebudayaan dan Pengembangan Bahasa
    adalah a) menjaga dan memelihara jati diri karakter bangsa melalui pelestarian dan pengembangan kebudayaan dan bahasa; b) membangkitkan kembali karakter bangsa Indonesia, yaitu saling menghargai keragaman, toleransi, etika, moral, dan gotong royong melalui penerapan budaya dan bahasa Indonesia yang baik di masyarakat; c) meningkatkan apresiasi pada seni dan karya budaya Indonesia sebagai bentuk kecintaan pada produk-produk dalam negeri; d) melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya termasuk budaya maritim dan kepulauan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
  • M5 Mewujudkan Penguatan Tata Kelola serta Peningkatan Efektivitas Birokrasi dan Pelibatan Publik
    adalah dengan memaksimalkan pelibatan publik dalam seluruh aspek pengelolaan kebijakan yang berbasis data, riset, dan bukti lapangan; membantu penguatan kapasitas tata kelola pada pendidikan di daerah, mengembangkan koordinasi dan kerjasama lintas sektor di tingkat nasional; mewujudkan birokrasi Kemendikbud yang menjadi teladan dalam tata kelola yang bersih, efektif, dan efisien.
    Sesuai dengan Visi Kemendikbud tersebut, Visi Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Tahun 2019 adalah: “Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan Sekolah Dasar yang Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong”. Untuk mencapai Visi Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar 2019 ditetapkan 4 (empat) Misi, sebagai berikut:

  • M1 Mewujudkan Pelaku Pendidikan Sekolah Dasar yang Kuat
  • M2 Mewujudkan Akses Pendidikan Sekolah Dasar yang Meluas dan Merata
  • M3 Mewujudkan Pembelajaran yang Bermutu di Sekolah Dasar
  • M4 Mewujudkan Penguatan Tata Kelola di Sekolah Dasar