Pendongeng Termuda dari Kota Binjai

0
901

Pendongeng Termuda dari Kota Binjai Sumatera Utara

Anaknya tampak malu-malu dan menggemaskan, badannya agak gempal dan ketika tersenyum tampak deretan gigi atasnya hilang menambah kelucuan pada wajah mungilnya, Dia adalah pendongeng termuda di ajang Apresiasi Sastra tahun 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 29 Oktober 2017 bertempat di Hotel Bogor Icon and Convention. Suasana di tempat pendaftan cukup padat karena banyak siswa/i yang mengikuti ajang ini didampingi oleh orang tuanya serta guru-guru pendamping.

Nampak istimewa ketika terdapat anak kecil yang baru kelas satu tapi sudah bisa jadi peserta di ajang bergengsi ini dengan menyingkirkan pesaing sebanyak 199 rekaman dongeng yang masuk ke Kemendikbud dan menjadi 26 pendongeng yang terpilih.

Shufi sahara setiawan, lahir di Kota Binjai 16 agustus 2011, anak ke 4 dari 5 bersaudara. Nama ayah Edy setiawan. Nama ibu Hidayati Ritonga. Shufi merupakan anak yang mudah sekali bersosialisasi, mempunyai banyak teman, dan selalu berusaha membantu orang-orang di sekeliling sesuai usianya. Shufi juga sangat mudah mengekspresikan perasaannya, baik itu ketika sedang sedih, senang, atau terharu. Kegiatan yang disukai adalah membaca buku.

Menurut penuturan orang tua Shufi: Model pembinaan dirumah, Shufi dibiasakan untuk banyak bersyukur dengan keadaan, tidak boleh sombong. Orang tua selalu berkomunikasi dengan guru di sekolah dalam mengambil keputusan untuk perkembangan Shufi. Shufi juga berada di lingkungan yang sangat mendukung minat dan bakatnya.

Shufi saat ini sedang menghafal ayat-ayat Al-Quran. Hafalan Shufi sudah mencapai target sesuai ketentuan yang ditetapkan sekolah ( SDIT sahabat Al-Quran). “yang terpenting doa yang tak pernah putus agar shufi bisa menjadi Qurrata A’yun bagi semua, berprestasi di dunia dan di akhirat” tutur orang tua Shufi.

Cita-cita Sufi sungguh mulia ia ngin menjadi “guru”. Guru yang dicintai murid muridnya, dan juga guru yang menghafal Al Quran
Adapun beeberapa Prestasi Shufi. Antara lain:
1. Juara 1 lomba surat pendek tingkat Kec. Binjai Timur tahun 2015.:
2. Juara 2 lomba berceloteh tingkat Kota binjai tahun 2016.
dalam Apresiasi Sastra tahun 2017 Shufi menampilkan dongeng yang berjudul sepatu ajaib dan pesan moral yang disampaikan adalah kita tidak boleh sombong dan merendahkan orang lain serta selalu bersyukur apapun kondisinya

Salam literasi Ayo Baca..
Diah Asih Sukesi
Jakarta, 28 Oktober 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here