Rotasi dan Mutasi Pegawai untuk Memperkuat Organisasi

Organisasi manapun di dunia ini tidak bisa maju jika pegawainya, dari awal sampai akhir karirnya, tidak pernah mengalami rotasi. Bekerjanya di situ-situ saja. Para pegawai akan mengalami kemandekan dan pengetahuannya sempit. Mereka tidak bisa mengerjakan tugas lain selain rutinitasnya sehari-hari. Kondisi tersebut akan berdampak pada kemunduran organisasi.

Organisasi yang sehat selalu melakukan rotasi dan mutasi secara rutin sebagai bagian dari pengembangan organisasi. Dengan demikian para pegawai dapat mengembangkan diri, memperluas pengetahuan dan jaringan, memperkuat kolaborasi, dan selalu tertantang untuk belajar hal-hal baru.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek, Iwan Syahril pada acara Welcoming Staff Direktorat Sekolah Dasar di Gedung A, Komplek Kemendikbudristek Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Januari 2024.

Rotasi dan Mutasi Pegawai untuk Memperkuat Organisasi

Pada awal tahun 2024 ini, Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah melakukan rotasi pegawai. Direktorat Sekolah Dasar, misalnya, kedatangan 27 pegawai yang mutasi dari Direktorat PAUD, Direktorat SMP, Direktorat SMA, Direktorat PMPK, dan Sekretariat Ditjen PAUD Dikdasmen. Sebanyak 26 pegawai Direktorat SD juga mengalami rotasi dan mutasi ke direktorat lain.

”Kebijakan rotasi pegawai ini dimaksudkan untuk terus mengembangkan organisasi dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Dengan pengalaman di tempat kerja yang baru, kita memiliki perspektif yang lebih lengkap tentang permasalahan dunia pendidikan yang kita hadapi,” ujar Iwan Syahril.

Dengan adanya perpindahan ini, lanjutnya, tidak hanya orang baru yang belajar dari orang lama dalam ruang lingkup kerja, melainkan orang yang sudah lama pun bisa belajar dari orang-orang baru. Jadi saling belajar, saling berbagi kemudian saling berkolaborasi. Diharapkan tidak ada lagi identitas yang eksklusif dan ego sektoral di setiap unit kerja karena semua adalah tim yang berkolaborasi bersama-sama.

Rotasi dan Mutasi Pegawai untuk Memperkuat Organisasi

”Ketika para pegawai memiliki pemahaman yang lengkap disertai semangat kolaborasi yang kuat, maka akan mudah melayani pemangku kepentingan mulai dari pemerintah daerah, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, orang tua dan murid,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Iwan Syahril memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai Ditjen PAUD Dikdasmen yang dinilai memiliki kinerja unggul di lingkup Kemendikbudristek. Dia yakin, kinerja unggul ini dicapai salah satunya berkat budaya kolaborasi yang dipupuk sejak tahun lalu melalui sistem kerja lintas unit kerja. Tahun 2024 ini, kerja kolaborasi akan semakin diperkuat.

Iwan Syahril mengungkapkan, hasil studi McKinsey atas kinerja seluruh instansi di bidang pemerintahan dan pendidikan di regional Asia Pacific menunjukkan bahwa Kemendikbudristek RI berada di urutan atas.

“Jadi mereka punya database, Kemendikbudristek itu ada di urutan atas dan itu termasuk dalam peringkat yang baik dalam instansi pemerintahan. Walaupun penuh dengan dinamika tapi relatif untuk pemerintahan di regional Asia Pasifik, Kemendikbudristek berada di jajaran atas,” ujar Iwan.

Sementara itu, Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen ada di peringkat atas diantara unit kerja di Kemendikbudristek. Selain memberikan apresiasi, Iwan Syahril meminta seluruh pegawai bekerja keras mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang sudah baik ini dengan semangat kolaborasi.

Direktur Sekolah Dasar, Muhammad hasbi menyambut baik kehadiran para pegawai yang mutasi dari unit kerja lain. Ada 27 pegawai yang baru bergabung di Direktorat Sekolah Dasar. Terdiri dari enam orang berasal dari Direktorat PAUD, enam orang dari Direktorat SMP, tujuh orang dari Direktorat SMA, lima orang dari PMPK, dan tiga orang dari Setditjen PAUD Dikdasmen.

“Hari ini kita menyambut kehadiran teman-teman kita yang baru bergabung di Direktorat SD tahun 2024. Momen hari ini adalah untuk menyatukan pegawai lama dengan pegawai yang baru bergabung,” ujarnya.

Muhammad Hasbi menyampaikan bahwa jumlah keseluruhan pegawai Direktorat Sekolah Dasar saat ini adalah 177 orang. ”Beberapa waktu lalu kami telah melakukan pelepasan kepada 26 orang pegawai yang berpindah tugas ke unit kerja lain di lingkungan Ditjen PAUD Dikdasmen,” tutupnya. (Hendriyanto)

Penulis: Hendriyanto
Editor: Iwhan Ambar Saputro