Surakarta - Sejalan dengan Kampanye Sekolah Sehat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkolaborasi dengan Educourse.id meluncurkan program Kids Hackathon 2023 pertama di Indonesia pada Senin (25/9/2023). Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh CEO Educourse.id, Mutiara Hikma Mahendradatta, BBA., MBA, didampingi Widyaprada Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Minhajul Ngabidin, S.Pd, M.Si.

Widyaprada Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Minhajul Ngabidin, S.Pd, M.Si, menyambut baik dan mengapresiasi program Kids Hackathon 2023. Dalam sambutannya, Minhajul mengatakan bahwa program ini memiliki korelasi dengan misi pengentasan masalah ketergantungan gawai pada usia pelajar seperti yang dikampanyekan oleh Kemendikbudristek dalam gerakan sekolah sehat.

“Kita perlu memberikan suatu pengkondisian kepada anak-anak kita sehingga mereka tidak terbawa kepada arus negatif dari majunya iptek terutama di bidang TIK ini, tetapi mereka menjadi bagian yang justru mendapatkan keuntungan dan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki untuk berkembang secara baik,” ungkapnya.

Kids Hackathon

Di samping itu, CEO Educourse.id, Mutiara Hikma Mahendradatta, BBA., MBA, mengungkapkan program Kids Hackathon 2023 dirancang sebagai ajang eksplorasi potensi teknologi, kreativitas, dan kolaborasi sesuai dengan misi Propela (Profil Pelajar Pancasila).

Kids Hackathon

“Kids hackathon 2023 ini dirancang khusus untuk generasi muda kita menjadi ajang yang memungkinkan untuk anak kita mengeksplorasi potensi dalam teknologi, kreativitas, dan tentunya kolaborasi sesuai dengan Propela (Program Pelajar Pancasila),” tuturnya.

Menurut Mutiara, program ini adalah kesempatan emas bagi putra-putri Indonesia dalam berkreasi mewarnai era 4.0 melalui kampanye digital.

“Saatnya kita berkampanye dengan digital,” ujarnya

Kids Hackathon

Kids Hackathon 2023 merupakan kompetisi Coding dan Design Poster yang dapat diikuti oleh seluruh sekolah di Indonesia secara gratis. Adapun tema poster yang dilombakan terkait Kampanye Sekolah Sehat meliputi 3S (Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi). Bentuk aktivitas yang dapat ditampilkan dalam poster dapat berupa ajakan atau informasi yang meliputi:

Sehat bergizi

  • Pembiasaan minum air putih minimal 2 gelas selama berkegiatan di satuan pendidikan.
  • Pembiasaan sarapan dan konsumsi makanan/minuman bergizi seimbang.

Sehat Fisik

  • Pembiasaan peregangan minimal 1 kali saat pergantian jam pelajaran.
  • Pembiasaan SKJ atau senam kreasi lainnya minimal 1 kali seminggu.

Sehat Imunisasi

  • Mendukung pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di bulan Agustus dan November.

Guna memantik inovasi dan kreativitas putra-putri Indonesia, program Kids Hackathon 2023, hadir sebagai ajang kompetisi bergengsi dalam menjadi dobrakan baru untuk menghadapi tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sesuai dengan tema yang diangkat yakni "Coding for Healthy School for a Great Indonesia".

Kids Hackathon

Usai peresmian, kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian teknis lomba dan mekanisme pendaftaran dari setiap kategori lomba oleh Ketua Penyelenggara Kids Hackathon 2023, Viky Friandika Utamandani, S.Kom. Program ini ditujukan kepada seluruh pelajar se-Indonesia dengan kategori lomba, yaitu Scratch (1-3 SD), Scratch (4-6 SD), Scratch (7-8 SMP), Website (10-12 SMA), dan Poster (SMP). 

“Kategori lomba di sini, kami sudah bisa mulai dari kelas 1-3 SD bapak/ibu dengan menggunakan platform scratch, scratch di sini genrenya bisa animasi atau game,  kemudian dari kelas 4-6 SD juga sama, untuk SMP terdapat scratch juga dan kompetisi poster, lalu untuk kategori 10-12 SMA itu ada kompetisi pembuatan website,” terangnya.