Pengembangan karya inovasi X-boX ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman siswa pada perkalian dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pengembangan karya inovasi ini sangat sesuai dengan pembelajaran abad 21 yang terkait dengan literasi teknologi. Selain itu pengembangan media X-boX ini diharapkan menjadi salah satu karya inovasi yang dapat menjawab tantangan revolusi industri 4.0 pada pembelajaran matematika.

Produk inovasi pembelajaran ini terdiri dari kotak perkalian atau box perkalian. Karena lambang dari perkalian adalah “X”, maka untuk memudahkan media ini diberi nama dengan “X-boX”. Media X-boX ini merupakan modifikasi dari kotak perkalian yang telah ada kemudian disajikan dengan menggunakan aplikasi yang dapat dipasang pada gawai. Produk inovasi pembelajaran ini dibuat untuk membantu siswa melakukan hitungan perkalian agar lebih mudah dimengerti dan menyenangkan tanpa merusak proses pembelajaran.

 

Kelebihan Aplikasi X-boX

  1. Sesuai dengan pembelajaran abad 21 terkait literasi teknologi dalam menghadapi revolusi industri 4.0
  2. Satu-satunya media hitung berbasis android untuk Perkalian setelah kalkulator.
  3. Media ini tidak ‘mencederai’ proses pembelajaran karena dalam penggunaan media ini siswa tetap melakukan proses berpikir.
  4. Dapat menghitung perkalian sampai empat digit angka dengan tepat.
  5. Siswa dapat mencoba berulang kali dengan angka yang berbeda sampai siswa paham betul caranya.
  6. Pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
  7. Media pembelajaran dapat dijadikan sebagai media belajar offline dan gratis yang dapat digunakan setiap waktu tanpa menggunakan kuota data.
  8. Menambah keterampilan guru dan siswa dalam penggunaan perangkat gawai.  
  9. Membantu siswa memahami perkalian dengan metode lain.
  10. Dapat digunakan dan dioperasikan oleh semua guru dan siswa karena menggunakan perangkat gawai yang umum digunakan.

 

Cara Menggunakan media X-boX

Langkah-langkah penggunaan media X-boX adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi X-boX yang ada pada perangkat android
  • Pada tampilan menu, pilih menu petunjuk untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi X-boX
  • Pada tampilan menu, siswa dapat memilih perkalian yang ingin dihitung dengan memilih perkalian 2 angka dengan 2 angka, perkalian 2 angka dengan 3 angka, perkalian 3 angka dengan 3 angka atau perkalian 3 angka dengan 4 angka.
  • Siswa memasukkan angka yang ingin di hitung pada kotak berwarna biru

Contoh perkalian: 382 x 469 = ….

Gambar 1 Memasukan angka perkalian
Gambar 1 Memasukan angka perkalian

  • Isi Hasil perkalian pada kotak putih. Garis diagonal berfungsi untuk memisahkan angka puluhan dan angka satuan dari hasil perkalian. Angka puluhan diletakan di atas garis diagonal, angka satuan diletakkan dibawah garis diagonal.
    Misal, 2 x 4 = 8 karena angka 8 hanya satuan maka diletakkan di bawah garis diagonal dan angka puluhannya dikosongkan saja. 

    Gambar 2 Mengalikan angka pada kolom hijau
     
  • Pada Kolom warna biru isikan dengan hasil penjumlahan dari bilangan berdasarkan garis diagonal.

    Gambar 3 Menjumlahkan angka berdasarkan Garis Diagonal
     
  • Angka satuan dari hasil penjumlahan pada kotak berwarna hijau adalah hasil dari perkalian. Apabila ada angka puluhan maka jumlahkan dahulu angka puluhan tersebut dengan angka yang berada di depannya.  

    Gambar 4 Menentukan Hasil Perkalian
  • Periksa hasil perhitungan dengan mengklik tombol “Periksa”. Apabila terdapat perhitungan yang salah maka akan muncul tanda seru (!) berwarna merah pada kotak yang isinya salah. Apabila hasil perhitungan benar maka akan muncul tanda centang (√)

Berikut adalah foto dari kegiatan pembelajaran matematika menggunakan media X-boX:

Download Aplikasi X-boX Di Sini

 

Aplikasi X-boX Untuk Perkalian ini dibuat oleh Kristiningrum, S.T, S.Pd
SDN Karang Satria 04
Kab. Bekasi Jawa Barat
e-mail: kristinningrum15@gmail.com